humas@ic.sch.id
021-7563578

Kalyca, Menuju Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional

img

Kalyca, Menuju Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional - 14 June 2024

Salah satu siswa MAN Insan Cendekia Serpong berhasil lolos ke tingkat Nasional dalam lomba debat bahasa Inggris yang diadakan oleh Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional), Kemendikbud. Dia bernama Kalyca Najla Manggala, dari kelas X 2. Kalyca lolos ke tingkat Nasional bersama dua siswa dari sekolah lain di propinsi Banten, yaitu Winnette dari SMAK BPK Penabur dan Abyan dari SMAN 2 Tangsel.

Pada tahap pertama, Kalyca bersama tim MAN ICS yaitu Hasya Amira Haikal kelas XI 1 dan Rizky Alfian Ramadhan kelas X 3, bertarung di tingkat Kota Tangerang Selatan dengan total peserta dua belas sekolah. Mosi yang digulirkan pada tahap pertama itu umumnya mengenai politik dan naratif sosial. Alhamdulillah mereka menjadi terbaik dan mendapat gelar “Champion”. Pada saat itu, Kalyca meraih penghargaan co 4th best speaker.

Pada Tahap Kedua, mereka bertarung di tingkat propinsi, dengan jumlah peserta sebanyak enam belas sekolah. Mosi yang digulirkan umumnya tentang filosofi, hubungan internasional, dan budaya. Alhamdulillah meraih juara kedua, di mana Kalyca mendapatkan penghargaan sebagai co 1st best speaker, dan berhak melaju ke tingkat Nasional.

Dalam sebuah kesempatan, Kalyca bercerita bahwa mereka sudah mempersiapkan diri sejak Maret 2023 di bawah bimbingan Ibu Gustinefa, guru bahasa Inggris MAN Insan Cendekia Serpong. Mereka menggunakan program pembinaan campuran, daring dan luring berupa kegiatan kombinasi antara mempelajari ilmu dari coach, sparring, atau friendly match dengan tim sekolah lain, serta latihan mandiri yang biasa dilakukan setiap hari setelah sholat Isya.

InsyaAllah Kalyca dan tim akan bertarung lagi nanti pada tanggal 19-25 Juni 2024 untuk tingkat nasional. Semoga mendapat hasil terbaik.