humas@ic.sch.id
021-7563578

Takbir Keliling Sebuah Tradisi yang Penuh Arti

img

Takbir Keliling Sebuah Tradisi yang Penuh Arti

19 June 2024 34      97

Pada tahun 2024 ini MAN Insan Cendekia Serpong merayakan Idul Adha pada hari Senin tanggal 17 Juni 2024 sesuai edaran dari pemerintah melalui kementerian agama RI. Namun, ada beberapa saudara kita yang merayakan Idul Adha pada hari Ahad tanggal 16 Juni ini, dengan alasan bahwa para jamaah haji melakukan wuquf di Arafah pada hari Sabtu kemarin. Perbedaan pendapat ini selalu ada dan berulang dari tahun ke tahun. Semoga umat Islam saling menghormati perbedaan yang ada dan tidak saling menyalahkan pihak lain yang berbeda.

Para siswa di MAN Insan Cendekia Serpong, bersukacita menyambut Idul Adha di madrasah. Setelah vacuum karena adanya masa covid 19 dan hari libur akhir semester, baru tahun ini shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban kembali diadakan di madrasah tercinta. Antusiasme para siswa menyambut Idul Adha ini begitu meriah. Takbir keliling yang dilakukan di lingkungan kampus, menambah syahdu suasana malam takbiran di hari raya ini.

Takbir keliling ini sekaligus menjadi pembelajaran aplikatif bagi siswa untuk merayakan hari raya bahwa mengingat Allah dan mengagungkanNya atas semua karunia yang tercurah tidak mengenal waktu dan tempat serta dalam kondisi apapun terutama di malam hari raya.

Selain takbir keliling, di masjid Ulil Albab para siswa juga mengadakan takbiran secara maraton dari setelah shalat Isya sampai menjelang menjelag khatib naik mimbar. Adapun yang mengumandangkan takbir adalah para siswa putra sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Secara bergantian mereka akan bertakbir dan bertasbih sehingga dari masjid Ulil Albab bergema suara takbir tanpa henti dari malam hari raya hingga pagi hari sebelum khatib naik mimbar. Masya Allah semoga keberkahan tercurah untuk madrasah tercinta …amin.